Friday, 6 January 2017

Cara Membuat Perencanaan Kerja

TeenNotes - Gaya berpikir dan cara bekerja setiap orang berbeda. Dengan membuat perencanaan kerja maka pekerjaan di kantor dapat terselesaikan dengan baik. Perencanaan kerja yang baik dapat mengurangi stres, banyaknya pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Selain itu dengan membuat perencanaan kerja kamu akan lebih mudah mengevaluasi hasil kerja, sudah berjalan dengan baik atau belum.
Berikut ini adalah cara menyusun perencanaan kerja yang baik yaitu:


  • Mengatur Hari Kamu

Ini merupakan langkah awal untuk membuat perencanaan kerja yang baik. Ketika kamu tahu apa tujuan dan kegiatan kamu dalam satu hari akan memudahkan kamu untuk mengambil celah dalam menyusun rencana kerja.

  • Susun To Do List

Tulis rencana kamu, susun berdasarkan prioritas tinggi dulu. Pekerjaan apa yang harus segera kamu selesaikan. Menuliskan pekerjaan yang harus kamu lakukan mungkin tidak akan menjamin semua pekerjaan akan selesai. Tapi, hal ini baik untuk mengurangi kemungkinan pekerjaan yang lupa harus kamu kerjakan.

  • Kapan dan Di Mana untuk Multitasking

Multitasking tidak selalu buruk, adakalanya kamu perlu mengerjakan dua hal secara bersamaan. Tapi kamu harus ingat kapan waktu yang tepat untuk bekerja secara multitasking. Jangan sampai saat kamu butuh konsentrasi yang tinggi kamu harus mengerjakan dua hal bersamaan.

  • Bersihkan Meja Kerja

Meja kerja yang berantakan seringkali menjadi alasan mengapa kamu tidak dapat berpikir dengan tenang untuk mengerjakan pekerjaan kamu. Untuk itu sebelum menyusun rencana kerja, bersihkan dan mulai rapikan meja kerja kamu terlebih dahulu.

  • Brainstorming

Dengan menyusun to do list yang harus kamu kerjakan kamu dapat brainstorming bersama rekan kerja. Kamu dapat memulai untuk menentukan urutan secara logis yang harus kamu lakukan.

  • Mengulas

Akhirnya setelah rencana di atas telah kamu lakukan saatnya mengulas kembali apa yang telah kamu lakukan. Mungkin ada beberapa kendala yang dapat kamu evaluasi agar ke depannya tidak kamu alami lagi. Mengevaluasi proses dan hasil kerja membuat kamu lebih terampil dalam merencanakan rencana kerja kamu.

No comments:

Post a Comment