Berikut ini adalah cara menyusun perencanaan kerja yang baik yaitu:
- Mengatur Hari Kamu
Ini merupakan langkah awal untuk membuat perencanaan kerja yang baik. Ketika kamu tahu apa tujuan dan kegiatan kamu dalam satu hari akan memudahkan kamu untuk mengambil celah dalam menyusun rencana kerja.
- Susun To Do List
Tulis rencana kamu, susun berdasarkan prioritas tinggi dulu. Pekerjaan apa yang harus segera kamu selesaikan. Menuliskan pekerjaan yang harus kamu lakukan mungkin tidak akan menjamin semua pekerjaan akan selesai. Tapi, hal ini baik untuk mengurangi kemungkinan pekerjaan yang lupa harus kamu kerjakan.
- Kapan dan Di Mana untuk Multitasking
Multitasking tidak selalu buruk, adakalanya kamu perlu mengerjakan dua hal secara bersamaan. Tapi kamu harus ingat kapan waktu yang tepat untuk bekerja secara multitasking. Jangan sampai saat kamu butuh konsentrasi yang tinggi kamu harus mengerjakan dua hal bersamaan.
- Bersihkan Meja Kerja
Meja kerja yang berantakan seringkali menjadi alasan mengapa kamu tidak dapat berpikir dengan tenang untuk mengerjakan pekerjaan kamu. Untuk itu sebelum menyusun rencana kerja, bersihkan dan mulai rapikan meja kerja kamu terlebih dahulu.
- Brainstorming
Dengan menyusun to do list yang harus kamu kerjakan kamu dapat brainstorming bersama rekan kerja. Kamu dapat memulai untuk menentukan urutan secara logis yang harus kamu lakukan.
- Mengulas
Akhirnya setelah rencana di atas telah kamu lakukan saatnya mengulas kembali apa yang telah kamu lakukan. Mungkin ada beberapa kendala yang dapat kamu evaluasi agar ke depannya tidak kamu alami lagi. Mengevaluasi proses dan hasil kerja membuat kamu lebih terampil dalam merencanakan rencana kerja kamu.
No comments:
Post a Comment